Main menu

Pemantauan satelit Express AM-4

Update 28 Mar 2012

Express AM-4 akhirnya dijatuhkan di atas Samudera Pasifik (sebelah utara Hawai) pada 25 Maret 2012. Tidak ada kerusakan yang ditimbulkan akibat kejatuhan yang dikendalikan ini.

Tautan:

Spaceflight Now

SpaceNews

 

Update 20 Mar 2012

Satelit Express AM-4 milik Rusia rencananya akan dijatuhkan secara terkendali di Samudera Pasifik pada suatu waktu mulai hari ini 20 Maret 2012 hingga beberapa hari ke depan. Satelit komunikasi berbobot 5,8 ton ini diluncurkan pada 17 Agustus 2011 dari Baikonur Cosmodrome Kazakhstan dengan roket Proton dan ditargetkan menjadi satelit geostasioner. Sayang sekali rencana ini urung karena kegagalan pada roket peluncurnya yang mengakibatkan Express AM-4 terdampar selama hampir 8 bulan di luar orbit yang seharusnya. Setelah penolakan berbagai rencana penyelamatan, akhirnya diputuskan Express AM-4 akan dijatuhkan ke Bumi.

Ilustrasi satelit Express AM-4. Sumber: www.spacenews.com

Lain halnya dengan kasus jatuhnya satelit-satelit besar yang tidak terkontrol, resiko akibat jatuhnya Express AM-4 akan jauh lebih kecil. Kendati demikian LAPAN akan tetap memantau proses jatuhnya satelit ini. Saat ini Express AM-4 berada di ketinggian 656 x 20359 km dengan kemiringan 51 derajat.

Orbit Express AM-4 dibandingkan dengan orbit satelit Palapa D yang berada di geostasioner dan Hubble serta ISS di orbit rendah. Ilustrasi dibuat dengan Celestia.

Mudah-mudahan proses re-entry satelit Express AM-4 ini berjalan sempurna.