Main menu

Pemantauan jatuhnya CZ-3B R/B

Update: 20 Jan 2014, 10.00 WIB

CZ-3B R/B dinyatakan jatuh pada dini hari tanggal 17 Jan 2014. Dephan Amerika Serikat memperkirakan benda ini mencapai ketinggian 10 km dari permukaan laut pada pukul 03:07 WIB (+/- 1 menit) dilokasi yang ditunjukkan oleh peta di bawah ini. Sebelumnya benda tersebut mengalami atmospheric reentry di atas Samudera Atlantik. Kendati ada kemungkinan jatuh di wilayah Indonesia, hingga saat tidak diperoleh laporan adanya warga yang menemukan serpihannya.

Perkiraan lintasan terakhir CZ-3B R/B yang jatuh pada dinihari 17 Jan 2014. Titik kuning menunjukkan lokasi benda ketika ketinggiannya mencapai 10 km dari permukaan laut.

 

Update: 17 Jan 2014, 16:50 WIB

CZ-3B R/B diperkirakan telah jatuh tadi pagi sekitar pukul 03:07 WIB (+/- 2 jam). Hingga saat ini belum diperoleh informasi yang lebih akurat. Diperkirakan bekas roket ini mengalami atmospheric reentry di atas Samudera Atlantik dan mencapai ketinggian 10 km di atas Benua Afrika. Jika tidak habis terbakar di atmosfer, dimungkinkan ada serpihan yang jatuh di wilayah Indonesia sebagaimana terlihat pada peta di bawah ini. 

Perkiraan lintasan terakhir CZ-3B R/B yang melintasi wilayah Indonesia. Titik kuning menunjukkan lokasinya ketika ketinggiannya mencapai 10 km dari permukaan bumi.

Perkiraan daerah di Idnonesia yang mungkin dilintasi oleh serpihan CZ-3B R/B. 

Masyarakat yang menemukan serpihan benda jatuh antariksa dihimbau untuk segera menghubungi kepolisian terdekat yang selanjutnya bisa menghubungi Lapan. Berdasarkan Undang-Undang Keantariksaan, setiap benda jatuh antariksa yang ditemukan di wilayah Indonesia harus diserahkan ke Lapan untuk tujuan keamanan dan keselamatan, kepentingan penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

 

Info baru: 15 Jan 2014

Sebuah bekas roket bernama CZ-3B R/B milik Cina diperkirakan akan segera jatuh dalam dua hari ke depan. Benda bernomor katalog 33052 ini berukuran sekitar 19 meter persegi sehingga dimungkinkan ada bagiannya yang sampai ke permukaan bumi karena tidak habis terbakar ketika mengalami reentry. Lintasan di sekitar waktu jatuhnya (+/- 2 jam) berdasarkan perkiraan saat ini menunjukkan bahwa benda berinklinasi sekitar 24 derajat ini berpotensi jatuh di Indonesia seperti terlihat pada peta berikut ini.

Lintasan CZ-3B R/B di sekitar perkiraan waktu jatuhnya yang melintasi wilayah Indonesia

CZ-3B R/B adalah bekas roket yang diluncurkan pada 9 Juni 2008 dari Xichang Space Center, Cina membawa satelit komunikasi militer Zhongxing 9.

Klik menu Pemantauan realtime untuk mengetahui apakah CZ-3B R/B melintasi Indonesia saat ini atau tidak.