Main menu

Kondisi orbit PHOBOS-GRUNT

 

Ketinggian PHOBOS-GRUNT terus mengalami penurunan. Untuk saat ini diperkirakan satelit akan jatuh pada pagi hari tanggal 16 Januari 2012 pukul 07:00 WIB ± 2.5 hari. Badai Matahari yang sangat kuat dapat mempercepat jatuhnya satelit ini. Prediksi akan semakin baik dengan diperolehnya data pengamatan yang baru.

PHOBOS-GRUNT memiliki orbit yang lebih lonjong dibanding UARS dan ROSAT yang jatuh tahun lalu. Saat ini ketinggian PHOBOS-GRUNT berada di antara 169 km (perigee) dan 206 km (apogee). Umumnya benda jatuh (mengalami atmospheric reentry) di ketinggian 122 km. 

Rentang ketinggian PHOBOS-GRUNT menjelang jatuh

Hingga saat ini lokasi jatuh PHOBOS-GRUNT belum bisa diperkirakan. Umumnya, sehari sebelum benda jatuh baru dapat diketahui (sebatas perkiraan) apakah suatu wilayah (misalnya Indonesia) masih mungkin kejatuhan atau tidak (dengan kata lain aman atau tidak). Silakan baca hasil pemantauan LAPAN untuk UARS dan ROSAT di situs ini (di bagian arsip berita).

Seandainya nanti ada serpihan yang ditemukan warga (walaupun kecil kemungkinannya), dihimbau untuk tidak menyentuhnya. Warga yang menemukan segera melapor ke kepolisian terdekat yang selanjutnya akan menghubungi instansi terkait seperti BAPETEN dan LAPAN. Jika diperlukan tim LAPAN akan datang ke lokasi.